Teddy Bear Holding A Heart Balloon

Selasa, 02 April 2019

SAP PERSALINAN LETAK SUNGSANG DENGAN TEKNIK BRACHT


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
PERSALINAN LETAK SUNGSANG DENGAN TEKNIK BRACHT

logo unisa yogya


Oleh :
MEISA LESTARI
1810104456
              





PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA TERAPAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS  ‘AISYIYAH
YOGYAKARTA
2019



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

I.                   IDENTITAS
1.      Mata Kuliah               : Asuhan kebidanan patologi    
2.      Program Studi            : D3 KEBIDANAN
3.      Kode/Bobot SKS       : MD3210 / 2 sks
4.      Semester                     : IV (empat)
5.      Elemem Kompetensi  : MKB
6.      Jenis Kompetensi       : Utama
7.      Waktu Kuliah             : 1x 20 Menit
8.      Pokok Bahasan          : persalinan letak sungsang dengan teknik     bracht.

II.                STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu melakukan keterampilan dalam asuhan kebidanan kegawatdarurata khususnya penanganan letak sungsang yaitu melahirkan bokong dengan teknik bracht dengan PERMENKES/369/MENKES/PER/X/2017 TENTANG STANDAR PROFESI BIDAN yang berbunyi bidan mampu memberikan pertolongan persalinan abnormal (letak sungsang) dengan penempatan dan gerakan tangan yang tepat dan cepat.

III.             KOMPETENSI DASAR
Mampu memahami toeri persalinan letak sungsang khususnya teknik bracht sesuai dengan prosedur.

IV.             INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mahasiswa dapat:
1.      Menjelaskan pengertian persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
2.      Menjelaskan tujuan dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
3.   Menjelaskan etiologi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
4.     Menjelaskan komplikasi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
5.     Menjelaskan penanganan persalinan letak sungsang dengan teknik brach dengan benar


V.                TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui perkuliahan di kelas mahasiswa dapat :
1.    Menjelaskan pengertian persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
2.      Menjelaskan tujuan dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
3.      Menjelaskan etiologi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
4.      Menjelaskan komplikasi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht dengan benar
5.      Menjelaskan penanganan persalinan letak sungsang dengan teknik brach dengan benar

VI.             DESKRIPSI MATERI
1.      Pengertian persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
2.      Tujuan persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
3.      Etiologi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
4.      Komplikasi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
5.      Penanganan persalinan letak sungsang dengan teknik brach dengan benar


VII.          METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Ceramah
3.      Tanya jawab
4.      Word squer
5.      Snow ball


VIII.       MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Slide power point
2.      Proyektor
3.      LCD
4.      Laptop






IX.             KEGIATAN PEMBELAJARAN
Komponen Langkah
UraianKegiatan
EstimasiWaktu
Pendahuluan
1.      Menyiapkan fisik dan psikis
2.      Memperkenalkan diri dan mengucapkan salam
3.      Melakukan apersepsi dan intergrasi nilai-nilai islam dengan metode ceramah dan tanya jawab
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.      Menyampaikan cakupan materi
6.      Mengaitkan dengan realitas kehidupan sehari-hari

3 menit
Inti
Menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dengan cara :
1.      Menjelaskan pengertian persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
2.      Menjelaskan tujuan persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
3.      Menjelaskan etiologi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
4.      Menjelaskan komplikasi dari persalinan letak sungsang dengan teknik bracht
5.      Menjelaskan penanganan persalinan letak sungsang dengan teknik brach dengan benar
10 menit
Penutup
1.      Mengevaluasi hasil pembelajaran dengan lisan tertulis dengan  Word Squer dan Snow Ball
2.      Refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan integrasi nilai-nilai islam
3.      Tindak lanjut pemberian tugas pada pertemuan selanjutnya.
4.      Menutup dengan salam
7 menit

X.                PENILAIAN
A.    Jenis
Tes tertulis
Lisan

B.     Bentuk
Vignette
Essay

C.    Instrument
Terlampir

XI.             SUMBER BELAJAR
Marmi. 2012. Intranatal Care Asuhan Kebidanan pada Persalinan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Nugroho, Taufan. 2010. Buku Ajar Obs- tetri untuk Mahasiswa Kebi- danan. Nuha Medika: Yogyakarta
Prawirohardjo, Sarwono. 2008. Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta
Ai Yeyeh, Dkk. Diktat kuliah Asuhan Kebidanan IV(Patologi Kebidanan) Cetakan II. Jakarta : TIM 3.
Doddy ario K, dkk (dr), 2001. Standar pelayanan medik SMF obstetri dan ginekologi. RSUD Mataram


Yogyakarta,……………………..2018






      Dosen Pembimbing                                                Praktikan





(Sholaihah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes)                          (Meisa Lestari)                       

My Blog List